Gila! Band Jogja ini Jadi Headline Festival Musik Eropa

Unit eksperimental Jogja, Zoo, sejak 22 Maret 2017 kemarin tur ke sejumlah negara Eropa. Mereka diundang main ke banyak festival musik Eropa yang banyak ditunggu pendengar musik di sana. Salah satunya adalah Sonic Protest yang digeber di Paris, Prancis.

Zoo (Music Weekly Asia)
Zoo (Music Weekly Asia)

Kedatangan band yang dimotori Rully Sabhara ini enggak cuma mampir. Zoo, jadi headline Sonic Protest Festival kemarin. Poster-poster dengan Zoo sebagai bintang utama festival sudah terbang ke mana-mana. Kedatangan mereka sudah ditunggu-tunggu penggemar musik eksperimental.

“Kami main pertama di Sonic Protest Festival 2017 di Paris. Mereka jadikan kami headline pertunjukkan. Jadi kami bisa tur Eropa juga karena diakomodasi sama tim Sonic itu,” beber Rully Shabara.

Adapun Sonic Protest Festival merupakan acara tahunan. Acara tahunan ini menyediakan ruang untuk aksi musik rock eksperimental, electroacoustic, improvisasi, noise, dan avant garde. Festival yang diadakan di beberapa kota ini pernah mengundang Deerhoof sampai Merzbow. Zoo juga akan tampil di festival yang sama di Toulouse.

Band yang sudah mendokumentasikan karya mereka ke dalam satu album mini dan tiga album penuh: Kebun Binatang EP (2007), Trilogi Peradaban (2009), Prasasti (2012), serta Samasthamarta (2015) ini tak mau disetir sama pihak penyelenggara. Meski semua biaya akomodasi ditanggung panitia, Zoo tak mau jika lagu mereka diubah atau digubah liriknya ke bahasa setempat.

“Kami tidak ada rencana untuk menggubah apapun termasuk bahasa. Kami akan main seperti apa adanya Zoo. Di konser nanti kami juga akan memainkan lagu baru dalam album yang akan kami buat,” sambung Rully.

Nah, setelah mengokupansi Paris, rencananya mereka akan melanjutkan perjalanan ke Belgia, Swiss, dan Belanda. Jangan kasih kendor, Zoo!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *